Extra Ecclesiam nulla salus (EENS) | Sekte Vatikan II | Bukti dari Kitab Suci untuk Katolisisme | Padre Pio | Berita | Langkah-Langkah untuk Berkonversi | Kemurtadan Besar & Gereja Palsu | Isu Rohani | Kitab Suci & Santo-santa |
Misa Baru Tidak Valid dan Tidak Boleh Dihadiri | Martin Luther & Protestantisme | Bunda Maria & Kitab Suci | Penampakan Fatima | Rosario Suci | Doa-Doa Katolik | Ritus Imamat Baru | Sakramen Pembaptisan |
“Sewaktu kita mendengar suara Allah memanggil kita untuk menjadi bajik, kita tidak boleh menunda. Iblis, ujar St. Basilius (sekitar tahun 363), tidak menganjurkan kita supaya berpaling sama sekali dari Allah, namun agar kita menunda pertobatan kita untuk masa yang akan datang. Ia mencuri waktu kita di masa kini, dan memberi kita harapan akan masa depan. Namun sewaktu tiba saatnya, ia juga mencurinya dengan cara yang sama; dan dengan demikian, dengan memberikan kita kenikmatan di masa kini, ia merampok segenap hidup kita dari diri kita sendiri.” (Komentar Haydock untuk Alkitab Douay-Rheims, hal. 1264)
St. Ignatius dari Antiokhia (sekitar tahun 105): “Maka dari itu marilah kita menjadi murid Kristus dan marilah kita belajar menjalani kehidupan Kristiani. Sebab barang siapa terpanggil dengan nama yang lain selain nama ini bukanlah milik Kristus … Sungguh durjana untuk berbicara tentang Kristus dan mempraktikkan agama Yahudi.” (Surat kepada Jemaat di Magnesia)
St. Efrem (sekitar tahun 392): “Sayang sekali! Tempat macam apakah … itu di mana ada ratapan dan kertak gigi, yang bahkan membuat Setan sendiri bergidik ngeri? Tempat macam apakah itu, di mana belatungnya yang tidak tidur tidak akan pernah mati? … Maka mereka yang sudah berada di tengah-tengah siksaannya akan menjerit untuk memohon belas kasih, dan tidak akan ada orang yang menjadi perantara bagi mereka kepada Tuhan, dan tidak akan ada orang yang mendengar mereka. Maka mereka akan menyadari bahwa hal-hal yang terjadi kepada diri mereka di dalam kehidupan ini layaknya bukan apa-apa; dan hal-hal yang terasa manis di dunia ini, jauh lebih pahit adanya daripada empedu dan absintus.”
Paus Leo XIII, Humanum Genus (#22-24), 20 April 1884: “Di samping itu, Negara harus tidak bertuhan. Bahwasanya dari antara berbagai macam rupa-rupa agama, sama sekali tidak ada alasan untuk mengutamakan yang satu daripada yang lain: semua agama harus ditempatkan pada kedudukan yang setara. Namun, kenyataan bahwa doktrin-doktrin ini dianut oleh kaum Freemason, bahwa demikianlah gagasan panutan yang mereka maksudkan untuk membentuk masyarakat, sudah hampir terlampau jelas untuk perlu dibuktikan ... Sungguh benar bahwa dogma-dogma utama mereka jelas sama sekali berlawanan dengan akal yang mereka miliki, sehingga tiada sesuatu pun yang lebih bejat yang dapat dibayangkan.”
St. Bernardus (sekitar tahun 1130): “Dan demikianlah mereka binasa. Dalam lautan yang luas dan lebar ini mereka binasa secara demikian; karena mereka berpegang erat kepada hal-hal yang sementara, mereka kehilangan apa yang kekal, yang seandainya dahulu telah mereka genggam erat-erat, mereka mungkin akan dapat lolos [dari Neraka] dan menyelamatkan jiwa-jiwa mereka yang tak kenal maut.”
“Penguburan Kristiani dilarang bagi orang-orang yang bunuh diri (larangan ini sudah ada sejak abad keempat) ....” (The Catholic Encyclopedia [Ensiklopedia Katolik], Vol. 3, hal. 72)
Paus St. Gregorius Agung (sekitar tahun 600): “Maka barang siapa mengangkat hati dirinya dalam kecongkakan, barang siapa terbakar dengan demam ketamakan, barang siapa menodai dirinya dengan kecemaran hawa nafsu, ia menutup pintu gerbang hatinya terhadap masuknya Kebenaran, dan, jikalau Tuhan tidak mendapatkan jalan masuk, Ia mengencangkan pintu-pintu gerbangnya dengan kebiasaan-kebiasaan buruk sebagai induk kuncinya.”
“Agama Kristiani dinyatakan sebagai agama Kekaisaran Romawi oleh Teodosius pada tahun 392 M, dan ibadat pagan dikecam sebagai pengkhianatan terhadap negara.”
“Barang siapa hendak mengumpulkan kebajikan tanpa kerendahan hati, ia membawa debu seraya menghadapi angin; dan di mana ia tampak memiliki sesuatu, dari tempat itu jugalah ia dibutakan dan menjadi lebih buruk.” (Paus St. Gregorius Agung, sekitar tahun 600)
Paus Leo XIII (1884) “ … karena agama Katolik adalah satu-satunya yang benar, agama ini tidak dapat menolerir agama-agama lainnya disetarakan dengan dirinya, tanpa mengalami penghinaan dan ketidakadilan yang terbesar.” (Surat ensiklik Humanum Genus)
St. Louis de Montfort: “Kalau praktik ini [Devosi Sejati kepada Maria] ditaati dengan setia, anda akan memberi Yesus Kristus kemuliaan yang lebih besar dalam satu bulan ketimbang praktik-praktik lainnya selama bertahun-tahun, betapapun sulitnya praktik-praktik lain itu.” (True Devotion to Mary [Devosi Sejati kepada Maria] #222)
Paus St. Martinus I, Konsili Lateran, 649 Masehi, Kanon 3- “Barang siapa tidak secara layak dan sungguh-sungguh mengakui seturut para Bapa yang kudus, bahwa Maria yang tak bernoda, Bunda Allah yang Kudus dan selamanya Perawan … dengan keperawanannya yang tetap tidak dapat hancur bahkan setelah kelahiran-Nya, terkutuklah dia.” (Denzinger 256)
St. Alfonsus (sekitar tahun 1760): “ … devosi kepada Santa Perawan Maria dengan benar disebut oleh St. Efrem sebagai paspor untuk lolos dari Neraka.” (The Glories of Mary [Kemuliaan Maria], hal. 258)
St. Yohanes Krisostomus: “Sebab demikianlah sifat khusus dari iman yang sejati, sehingga tidak satu alasan pun dimintanya untuk asas-asas yang dilandasinya, namun hanya menaati apa yang diperintahkan.”
St. Patrick: (sekitar tahun 470) tentang perjalanan-perjalanan misionarisnya: “Saya pergi ke tempat di mana anda berada dan ke segala tempat demi diri anda sembari menghadapi banyak mara bahaya, bahkan ke distrik-distrik yang terjauh, di luar mana tidak seorang pun hidup dan di mana tidak seorang pun pernah datang sebelumnya untuk membaptis, untuk menahbiskan imam, atau untuk menguatkan orang-orang.”
Paus Pius X (1905): “Dan dengan demikian, Pendahulu Kami, Benediktus XIV, memiliki alasan yang benar untuk berkata: ‘Kami menyatakan bahwa sejumlah besar orang yang terkutuk ke dalam hukuman yang abadi menderita malapetaka yang kekal itu akibat ketidaktahuan akan misteri-misteri iman yang harus diketahui dan dipercayai untuk menjadi terhitung dari antara orang-orang pilihan.’” (Acerbo Nimis #2)
St. Benediktus: “Kemalasan adalah musuh bagi jiwa ....”
Konsili Nicea II, 787: “Bagi mereka yang berani berkata bahwa Gereja Katolik pernah menerima berhala, Anatema!” (Sesi Ketujuh, Definisi Iman)
“Sebelum aku pergi, dan tidak kembali lagi, ke negeri yang diliputi kabut kematian: ke negeri yang penuh derita dan gelap gulita, di mana ada bayangan maut, dan kekacaubalauan, di mana berdiam kengerian kekal.” (Ayub 10:21-22)
Paus Leo XIII (1902): “Berkat jerih payahnya [Kristoforus Kolumbus], ada sebuah dunia lain yang muncul dari pangkuan samudra yang tak terjelajahi: ratusan ribu insan telah dipulihkan dari kesurampekatan dan kegelapan kepada masyarakat madani umat manusia, serta beralih dari ibadat yang biadab kepada kelemahlembutan dan kemanusiaan; dan buah terbesar dari jerih payahnya, adalah karena mereka mengambil bagian dalam kebaikan-kebaikan yang berpangkal pada Yesus, dari kehancuran mereka telah dipulangkan kepada kehidupan kekal.” (Surat ensiklik, Quarto Abrupto)
^