^
^
Extra Ecclesiam nulla salus (EENS) | Sekte Vatikan II | Bukti dari Kitab Suci untuk Katolisisme | Padre Pio | Berita | Langkah-Langkah untuk Berkonversi | Kemurtadan Besar & Gereja Palsu | Isu Rohani | Kitab Suci & Santo-santa |
Misa Baru Tidak Valid dan Tidak Boleh Dihadiri | Martin Luther & Protestantisme | Bunda Maria & Kitab Suci | Penampakan Fatima | Rosario Suci | Doa-Doa Katolik | Ritus Imamat Baru | Sakramen Pembaptisan |
Sesi telah kadaluarsa
Silakan masuk log lagi. Laman login akan dibuka di jendela baru. Setelah berhasil login, Anda dapat menutupnya dan kembali ke laman ini.
St. Agustinus (354-430)
St. Agustinus dikutip sebagai mendukung konsep pembaptisan keinginan, tetapi ia mengakui bahwa dirinya bergumul dengan konsep itu, dan terkadang secara jelas menentang gagasan bahwa para katekumen yang belum dibaptis dapat memperoleh keselamatan, dan di waktu yang lain, mendukung teori tersebut.
St. Siprianus
Terdapat dua poin yang menarik tentang teks ini. Poin yang pertama berkenaan dengan pembaptisan darah: perhatikan bahwa Agustinus berkata bahwa kepercayaannya akan pembaptisan darah didukung oleh kesimpulan atau argumen yang dibuat oleh St. Siprianus, dan bukan suatu hal yang berlandaskan Tradisi para Rasul atau para Paus Roma. Seperti yang telah kita lihat, banyak dari kesimpulan St. Siprianus sendiri terbukti sangat salah, jika kita mengungkapkannya secara halus, seperti “kesimpulannya” bahwa adalah suatu hal yang berasal dari “Tradisi apostolik” bahwa para bidah tidak dapat memberikan pembaptisan. Maka, St. Agustinus menunjukkan melalui pernyataan ini suatu poin yang sangat penting: bahwa kepercayaannya bahkan tentang pembaptisan darah dilandasi oleh spekulasi manusiawi yang falibel, dan bukan oleh wahyu ilahi, ataupun Tradisi yang infalibel. Ia sedang mengakui bahwa ia mungkin salah dan, kenyataannya, ia memang salah.
Kedua, sewaktu Agustinus menyimpulkan bahwa ia juga percaya bahwa iman (yaitu, iman akan Katolisisme) dan suatu keinginan akan pembaptisan dapat memiliki hasil yang sama dengan yang dihasilkan oleh kemartiran, ia berkata: “Setelah saya mempertimbangkan hal ini berulang-ulang kali …” Dengan berkata bahwa ia telah mempertimbangkan hal ini berulang-ulang kali, St. Agustinus mengakui bahwa pendapatnya tentang pembaptisan keinginan juga adalah sesuatu yang disimpulkannya atas dasar pertimbangannya sendiri, dan bukan atas dasar Tradisi atau ajaran yang infalibel. Ia mengakui bahwa dirinya telah bergumul tentang hal itu dan ia pun menentang dirinya sendiri tentang perkara tersebut, seperti yang akan kami tunjukkan. Semua hal ini kembali membuktikan bahwa pembaptisan keinginan, seperti pembaptisan darah, adalah suatu tradisi manusia, yang berasal dari spekulasi manusiawi yang salah dan falibel (walaupun yang berasal dari beberapa pria yang agung), dan tidak didasari ataupun bersumber dari Tradisi para Rasul atau dari Paus mana pun.
Menarik bahwa, di dalam rangkaian karya tentang Pembaptisan yang telah dikutip, St. Agustinus membuat suatu kesalahan yang berbeda, yang dikoreksinya di kemudian hari di dalam Book of Corrections [Buku Koreksi]-nya. Di dalam rangkaian karyanya ini, ia pada awalnya menyatakan pendapatnya bahwa sang Pencuri yang Baik yang mati di Salib di sisi Tuhan kita adalah suatu contoh Pembaptisan Darah. Ia kemudian mengoreksi pendapatnya itu, dengan mencatat bahwa sang Pencuri yang Baik tidak dapat digunakan sebagai suatu contoh Pembaptisan Darah karena kita tidak tahu bilamana sang Pencuri yang Baik pernah dibaptis.[2] Tetapi sesungguhnya, sang Pencuri yang Baik tidak dapat digunakan sebagai contoh untuk pembaptisan darah terutama karena sang Pencuri yang Baik meninggal di bawah Hukum Lama, dan bukan Hukum Baru; ia meninggal sebelum Hukum Pembaptisan diinstitusikan oleh Yesus Kristus setelah Kebangkitan. Itulah sebabnya, sang Pencuri yang Baik, seperti Kanak-Kanak Suci, sama sekali bukan argumen untuk menentang perlunya Sakramen Pembaptisan untuk keselamatan.
Faktanya, sewaktu Tuhan kita berkata kepada sang Pencuri yang Baik, “Hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus,” Yesus sesungguhnya tidak berbicara tentang Surga, melainkan bagian dari Neraka yang disebut tempat penantian.. Sebagaimana yang diketahui oleh orang-orang Katolik, tidak seorang pun masuk Surga sebelum Tuhan kita masuk ke dalam Surga, setelah Kebangkitan-Nya. Pada hari Penyaliban, Kristus turun ke tempat penantian, seperti yang dikatakan oleh Syahadat Para Rasul. Ia tidak turun ke dalam Neraka di mana orang-orang yang terkutuk dihukum, melainkan suatu tempat di dalam Neraka yang disebut sebagai Limbo para Bapa, suatu tempat penantian di mana berada orang-orang benar dari Perjanjian Lama, yang tidak dapat memasuki Surga sampai setelah kedatangan sang Juru Selamat.
Untuk lebih lanjut membuktikan poin bahwa sang Pencuri yang Baik tidak masuk Surga pada Hari Penyaliban, terdapat fakta bahwa pada hari Minggu Paskah, sewaktu Maria Magdalena bertemu dengan Tuhan yang Bangkit, Ia berkata kepadanya:
Tuhan kita bahkan belum naik ke Surga pada hari Minggu Kebangkitan. Maka, adalah suatu fakta bahwa Tuhan kita dan sang Pencuri yang Baik tidak berada bersama di dalam Surga pada hari Jumat Agung; mereka berada di dalam Limbo para Bapa, penjara yang disebutkan di dalam 1 Petrus 3:18-19. Yesus menyebut tempat ini “Firdaus” karena Ia akan berada di sana bersama orang-orang benar dari Perjanjian Lama. Maka, seperti yang telah diakui oleh St. Agustinus di kemudian hari, ia membuat kesalahan sewaktu ia mencoba untuk menggunakan sang Pencuri yang Baik sebagai contoh untuk poinnya. Hal ini kembali membuktikan bahwa hanya ajaran dogmatis dari para Pauslah yang infalibel, layaknya Tradisi yang universal dan konstan. Tetapi, St. Agustinus sendiri di begitu banyak tempat menegaskan Tradisi universal dari para Rasul bahwa tidak seorang pun diselamatkan tanpa Sakramen Pembaptisan, dan, faktanya, St. Agustinus menyangkal konsep bahwa seorang katekumen dapat diselamatkan tanpa Sakramen Pembaptisan oleh keinginannya akan sakramen tersebut berulang kali.
Di sini kita melihat bahwa St. Agustinus sama sekali menolak konsep pembaptisan keinginan. Hal ini sangatlah jelas! Ia berkata bahwa Allah menjaga agar para katekumen yang tulus hati tetap hidup sampai waktu mereka dibaptis, dan mereka yang mencari pahala, seperti para katekumen yang tidak dibaptis, tidak akan mendapatkan sesuatu pun selain hukuman! St. Agustinus bahkan berupaya secara khusus untuk menegaskan bahwa Allah yang Mahakuasa tidak mengizinkan para katekumen yang tidak dibaptis untuk dibunuh kecuali untuk suatu alasan tertentu! Orang-orang yang berkata bahwa St. Agustinus percaya akan pembaptisan keinginan, oleh karena itu, tidak mengemukakan fakta-fakta secara lengkap. Mereka harus menambahkan penjelasan bahwa St. Agustinus sering kali menolak gagasan tersebut dan berpihak pada kedua kubu sehubungan dengan perkara itu. Maka, satu-satunya bapa yang dapat dikutip oleh para pembela pembaptisan keinginan sebagai bapa yang secara jelas mendukung konsep tersebut (yakni, Agustinus) sebenarnya banyak kali menyangkal konsep pembaptisan keinginan.
Di sini kita melihat bahwa St. Agustinus kembali menegaskan kebenaran apostolik bahwa tidak seorang pun masuk Surga tanpa pembaptisan air dan kembali menyangkal secara terang-terangan konsep pembaptisan keinginan, dengan menyangkal bahwa seorang katekumen dapat dibebaskan dari dosa tanpa pembaptisan. Semua hal ini menunjukkan bahwa pembaptisan keinginan bukanlah Tradisi universal dari para Rasul; sebaliknya, hal yang seratus delapan puluh derajat berlawanan adalah Tradisi universal dari para Rasul dan para Bapa – yakni bahwa tidak seorang katekumen pun dapat diselamatkan tanpa pembaptisan air.
Catatan kaki:
[1] Jurgens, The Faith of the Early Fathers [Iman Bapa-bapa Gereja Perdana], Vol. 3:1630.
[2] Jurgens, The Faith of the Early Fathers [Iman Bapa-bapa Gereja Perdana], Vol. 3:69.
[3] Katekismus Konsili Trente, hal. 171.
[4] Jurgens, The Faith of the Early Fathers [Iman Bapa-bapa Gereja Perdana], Vol. 3:1536.
[5] Jurgens, The Faith of the Early Fathers [Iman Bapa-bapa Gereja Perdana], Vol. 3:1717.
[6] Jurgens, The Faith of the Early Fathers [Iman Bapa-bapa Gereja Perdana], Vol. 3:1496.
[7] Dikutip oleh Romo Jean-Marc Rulleau, Baptism of Desire [Pembaptisan Keinginan], hal. 33.
Artikel-Artikel Terkait
Bunda maria yang penuh kasih... doakanlah kami yang berdosa ini ....
Thomas N. 2 bulanBaca lebih lanjut...Halo – meski Bunda Teresa dulu mungkin tampak merawat orang secara lahiriah, namun secara rohaniah, ia meracuni mereka: yakni, dengan mengafirmasi mereka bahwa mereka baik-baik saja menganut agama-agama sesat mereka...
Biara Keluarga Terkudus 3 bulanBaca lebih lanjut...Tentu saja kami ini Katolik. Perlu anda sadari bahwa iman Katolik tradisional itu perlu untuk keselamatan, dan bahwa orang yang meninggal sebagai non-Katolik (Muslim, Protestan, Hindu, Buddhis, dll.) TIDAK masuk...
Biara Keluarga Terkudus 3 bulanBaca lebih lanjut...Terpuji lah Tuhan allah pencipta langit dan bumi
Agung bp 3 bulanBaca lebih lanjut...apakah anda katolik benaran?
lidi 3 bulanBaca lebih lanjut...Saat bunda teresa dengan sepenuh hati merawat dan menemani mereka dalam sakratul maut saya percaya kalau tindakan beliau secara tidak langsung mewartakan injil dan selebihnya roh kudus yang berkenan untuk...
bes 3 bulanBaca lebih lanjut...Ramai dibahas oleh kaum protestan soal soal Paus Liberius. Trimakasuh untuk informasinya
Nong Sittu 4 bulanBaca lebih lanjut...Halo kami senang anda kelihatannya semakin mendalami materi kami. Sebelum mendalami perkara sedevakantisme, orang perlu percaya dogma bahwa Magisterium (kuasa pengajaran Paus sejati) tidak bisa membuat kesalahan, dan juga tidak...
Biara Keluarga Terkudus 5 bulanBaca lebih lanjut...Materi yang menarik. Sebelumnya saya sudah baca materi ini, namun tidak secara lengkap dan hikmat. Pada saat ini saya sendiri sedang memperdalami iman Katolik secara penuh dan benar. Yang saya...
The Prayer 5 bulanBaca lebih lanjut...Santa Teresa, doakanlah kami
Kristina 6 bulanBaca lebih lanjut...