^
^
Extra Ecclesiam nulla salus (EENS) | Sekte Vatikan II | Bukti dari Kitab Suci untuk Katolisisme | Padre Pio | Berita | Langkah-Langkah untuk Berkonversi | Kemurtadan Besar & Gereja Palsu | Isu Rohani | Kitab Suci & Santo-santa |
Misa Baru Tidak Valid dan Tidak Boleh Dihadiri | Martin Luther & Protestantisme | Bunda Maria & Kitab Suci | Penampakan Fatima | Rosario Suci | Doa-Doa Katolik | Ritus Imamat Baru | Sakramen Pembaptisan | ![]() |
Sesi telah kadaluarsa
Silakan masuk log lagi. Laman login akan dibuka di jendela baru. Setelah berhasil login, Anda dapat menutupnya dan kembali ke laman ini.
Para Paus Lainnya tentang Dogma Di Luar Gereja Tidak Terdapat Keselamatan
Di samping pernyataan-pernyataan dari Paus yang ex cathedra (dari Takhta Petrus), orang Katolik juga harus percaya akan hal yang telah diajarkan oleh Gereja Katolik sebagai diwahyukan oleh Allah di dalam Magisteriumnya yang Biasa dan Universal (Magisterium = kuasa pengajaran Gereja).
Ajaran dari Magisterium yang Biasa dan Universal terdiri dari doktrin-doktrin yang diajukan oleh para Paus, melalui pengajaran mereka yang umum dan universal, sebagai hal yang harus dipercayai sebagai diwahyukan secara ilahi. Contohnya, di dalam ajaran mereka yang umum dan universal, sekitar 10 Paus telah mencela konsep bidah kebebasan berhati nurani dan beribadat sebagai hal yang bertentangan dengan wahyu. Seorang Katolik tidak boleh menentang ajaran tersebut. Ajaran dari Magisterium Biasa dan Universal tidak pernah dapat menentang ajaran Takhta Petrus (definisi-definisi dogmatis), tentunya, karena keduanya bersifat infalibel. Maka, Magisterium Biasa dan Universal sebenarnya sama sekali tidak perlu dipertimbangkan sehubungan dengan dogma Di Luar Gereja Tidak Terdapat Keselamatan, karena dogma ini telah didefinisikan dari Takhta Petrus dan tiada suatu hal pun di dalam Magisterium Biasa dan Universal yang mungkin dapat menentang Takhta Petrus. Maka, waspadalah terhadap para bidah yang mencoba mencari cara untuk menyangkal ajaran dogmatis tentang Di Luar Gereja Tidak Terdapat Keselamatan, yang menyebut pernyataan-pernyataan non-magisterial yang falibel, yang menentang dogma ini, sebagai bagian dari “Magisterium Biasa dan Universal,” walaupun pernyataan-pernyataan semacam itu tidak demikian adanya. Ini adalah muslihat yang licik dari para bidah.
Tetapi, kutipan-kutipan berikut dari berbagai Paus adalah penegasan terhadap dogma Di Luar Gereja Katolik Tidak Terdapat Keselamatan. Ajaran-ajaran dari para Paus berikut adalah bagian dari Magisterium Biasa dan Universal – dan oleh karena itu bersifat infalibel – karena mereka mengulangi ajaran universal dari Takhta St. Petrus tentang dogma Katolik bahwa Di Luar Gereja Katolik Tidak Terdapat Keselamatan.
Catatan kaki:
[1] Denzinger 1792.
[2] The Papal Encyclicals {Ensiklik-Ensiklik Paus}, Vol. 1 (1740-1878), hal. 230.
[3] Denzinger 423.
[4] Denzinger 570b.
[5] Dikutip oleh Rev. Dr. Nicholas Sander, The Rise and Growth of the Anglican Schism {Muncul dan Berkembangnya Skisma Anglikan}, Rockford, IL, Tan Books, 1988, hal. 301-304.
[6] The Papal Encyclicals {Ensiklik-Ensiklik Paus}, Vol. 1 (1740-1878), hal. 201.
[7] The Papal Encyclicals {Ensiklik-Ensiklik Paus}, Vol. 1 (1740-1878), hal. 207.
[8] The Papal Encyclicals {Ensiklik-Ensiklik Paus}, Vol. 1 (1740-1878), hal. 237-238.
[9] The Papal Encyclicals {Ensiklik-Ensiklik Paus}, Vol. 1 (1740-1878), hal. 229.
[10] The Papal Encyclicals {Ensiklik-Ensiklik Paus}, Vol. 1 (1740-1878), hal. 289.
[11] The Papal Encyclicals {Ensiklik-Ensiklik Paus}, Vol. 1 (1740-1878), hal. 297 dan catatan kaki 4.
[12] Denzinger 1716.
[13] The Papal Encyclicals {Ensiklik-Ensiklik Paus}, Vol. 2 (1878-1903), hal. 474.
[14] The Papal Encyclicals {Ensiklik-Ensiklik Paus}, Vol. 3 (1903-1939), hal. 22.
[15] The Papal Encyclicals {Ensiklik-Ensiklik Paus}, Vol. 3 (1903-1939), hal. 121-122.
[16] The Papal Encyclicals {Ensiklik-Ensiklik Paus}, Vol. 3 (1903-1939), hal. 318.
Artikel-Artikel Terkait
Terimakasih atas artikelnya, saya semakin mengerti perjalanan kerajaan raja salomo
Novriadi 3 mingguBaca lebih lanjut...Justru karena kami punya kasih Kristiani sejati kepada sesama kamilah, materi-materi kami ini kami terbitkan. St. Paulus mengajarkan, bahwa kita harus menelanjangi perbuatan-perbuatan kegelapan (Ef. 5:11). Gereja Katolik, satu-satunya lembaga...
Biara Keluarga Terkudus 2 bulanBaca lebih lanjut...Halo – devosi kepada Santa Perawan Maria itu krusial untuk keselamatan dan pengudusan jiwa. Namun, dan juga yang terpenting, orang harus 1) punya iman Katolik sejati (yakni, iman Katolik tradisional),...
Biara Keluarga Terkudus 2 bulanBaca lebih lanjut...Since your comment is written in English, we are responding in English and including a translation in Indonesian. However, we would recommend that you write us in Indonesian instead, if...
Biara Keluarga Terkudus 2 bulanBaca lebih lanjut...Halo – memang benar bahwa orang hendaknya mengasihi orang lain dan menjaga ciptaan Allah. Namun, yang terutama, kita pertama-tama harus mengasihi/mencintai Allah. Sangat amat penting pula, terutama pada zaman kita,...
Biara Keluarga Terkudus 2 bulanBaca lebih lanjut...Halo – Misteri Terang itu datangnya dari Yohanes Paulus II. Dia ini seorang Anti-Paus dan pemurtad masif. Rosario orisinal yang diberikan oleh Santa Perawan Maria adalah 15 dekade dengan Misteri-Misterinya...
Biara Keluarga Terkudus 2 bulanBaca lebih lanjut...peristiwa terang kenapa tidak ada dalam pembahasan artikel ini?
devie 4 bulanBaca lebih lanjut...Allah Maha Besar melalui Putranya Yesus Kristus dan Bundanya Maria ..Melakukan muzizat menunjukan Betapah Besarnya dan Baiknya Allah..Kita manusia harus berbuat baik satu dengan yang lain dan alam sekitar serta...
fidelis Budi Suryanto 4 bulanBaca lebih lanjut...Are the FSSP and SSPX right on the sacraments?
Petrus Fiter Panco 4 bulanBaca lebih lanjut...Bunda maria yang penuh kasih... doakanlah kami yang berdosa ini ....
Thomas N. 6 bulanBaca lebih lanjut...