^
^
Extra Ecclesiam nulla salus (EENS) | Sekte Vatikan II | Bukti dari Kitab Suci untuk Katolisisme | Padre Pio | Berita | Langkah-Langkah untuk Berkonversi | Kemurtadan Besar & Gereja Palsu | Isu Rohani | Kitab Suci & Santo-santa |
Misa Baru Tidak Valid dan Tidak Boleh Dihadiri | Martin Luther & Protestantisme | Bunda Maria & Kitab Suci | Penampakan Fatima | Rosario Suci | Doa-Doa Katolik | Ritus Imamat Baru | Sakramen Pembaptisan | ![]() |
Sesi telah kadaluarsa
Silakan masuk log lagi. Laman login akan dibuka di jendela baru. Setelah berhasil login, Anda dapat menutupnya dan kembali ke laman ini.
Katekismus Konsili Trente
PENOLAKAN – Katekismus Konsili Trente mengajarkan bahwa tekad seseorang untuk menerima pembaptisan cukup bagi seseorang untuk sampai kepada rahmat dan kebajikan jika tidak mungkin bagi orang tersebut untuk menerima pembaptisan.
JAWABAN- Katekismus Konsili Trente tidak infalibel. Romo John A. McHugh OP dan Romo Charles J. Callan, OP menuliskan pengantar untuk terjemahan umum bahasa Inggris bagi Katekismus Konsili Trente. Pengantar mereka mengandung kutipan yang menarik sebagai berikut dari Dr. John Hagan, Rektor dari Irish College di Roma, tentang otoritas Katekismus tersebut:
Fakta bahwa Katekismus Trente tidak infalibel terbukti oleh fakta bahwa terdapat kesalahan-kesalahan kecil yang dapat dideteksi di dalam teksnya. Contohnya:
Di sini, Katekismus mengajarkan bahwa di luar Gereja tidak seorang pun dapat memperoleh rahmat. Hal ini tidak benar. Rahmat-rahmat predisposisi atau prevenien diberikan kepada orang-orang yang berada di luar Gereja agar mereka dapat berpaling kepada Allah, mengubah hidup mereka dan memasuki Gereja. Tanpa rahmat-rahmat ini, tidak seorang pun akan berkonversi. Paus Klemen XI di dalam konstitusi dogmatis Unigenitus (8 September 1713) mengutuk pernyataan bahwa, "Di luar Gereja, rahmat tidak dianugerahkan."[4] Maka, apa yang kita lihat di sini adalah suatu kesalahan di dalam Katekismus Trente. Katekismus tersebut mungkin bermaksud untuk mengajarkan bahwa di luar Gereja tidak seorang pendosa pun dapat memperoleh rahmat yang menyucikan, yang adalah hal yang benar, sebab di luar Gereja Katolik tidak terdapat pengampunan dosa (Paus Bonifasius VIII, Unam Sanctam, 1302, ex cathedra).[5] Bagaimanapun, Allah mengizinkan Katekismus ini mengandung kesalahan dalam hal ini karena Katekismus tersebut tidak infalibel di dalam segala hal yang diajarkannya.
Terlebih lagi, di sepanjang Katekismus Konsili Trente, tidak disebutkan sama sekali "tiga pembaptisan", tidak pun disebutkan "pembaptisan keinginan" ataupun "pembaptisan darah", tidak pun terdapat pernyataan yang jelas bahwa seseorang dapat diselamatkan tanpa Sakramen Pembaptisan. Hal yang kita temuka, sebaliknya, adalah satu paragraf yang ambigu yang kelihatannya mengajarkan bahwa seseorang dapat memperoleh rahmat dan kebajikan tanpa pembaptisan. Tetapi bahkan di dalam paragraf ini kita menemukan kesalahan-kesalahan. Contohnya, bagian yang menyatakan bahwa "jika suatu bencana yang tidak terduga menjadikannya tidak mungkin bagi orang-orang dewasa untuk dibasuh di dalam air keselamatan, intensi dan tekad mereka untuk menerima Pembaptisan dan pertobatan mereka untuk dosa-dosa yang lampau, akan menjadi cukup bagi mereka untuk sampai kepada rahmat dan kebajikan."
Sama sekali terdapat suatu "bencana yang tidak terduga" yang membuat "tidak mungkin" untuk menerima pembaptisan. Hal ini jelas-jelas salah.
Allah telah memerintahkan seluruh manusia untuk menerima pembaptisan, dan Ia tidak memerintahkan kemustahilan.
Oleh karena itu, rujukan terhadap hal yang tidak dapat diperkirakan dan ketidakmungkinan untuk menghindari bencana di dalam Katekismus menunjukkan, sekali lagi, bahwa tidak semua hal yang dikatakannya infalibel. Suatu dokumen infalibel tidak dapat menyatakan bahwa bencana-bencana tidak dapat diperkirakan atau tidak mungkin dihindari.
Katekismus Trente, walaupun tidak infalibel di dalam setiap kalimatnya, seperti yang baru saja dibuktikan, secara keseluruhan merupakan suatu katekismus yang sangat baik yang mengungkapkan Iman Katolik secara akurat dan efektif. Tetapi yang paling penting, Katekismus Trente membuat pernyataan demi pernyataan dengan jelas dan tidak ambigu yang mengajarkan bahwa Sakramen Pembaptisan secara mutlak dibutuhkan bagi semua orang untuk keselamatan tanpa pengecualian, oleh karena itu, secara berulang kali mengecualikan segala ide tentang keselamatan tanpa pembaptisan air.
Hal ini berarti bahwa Sakramen Pembaptisan dibutuhkan secara mutlak dan universal untuk keselamatan tanpa pengecualian! Hal ini mengecualikan segala ide tentang keselamatan tanpa pembaptisan air. Hal ini juga berarti bahwa Yohanes 3:5 dimengerti secara harfiah.
Hal ini jelas berarti bahwa tidak seorang pun dapat diselamatkan tanpa Sakramen Pembaptisan dan bahwa Yohanes 3:5 harfiah adanya tanpa pengecualian!
Katekismus Trente juga mengajarkan bahwa jika terdapat bahaya kematian untuk soerang dewasa, Pembapisan tidak boleh dituna.
Penundaan yang biasa dalam pembaptisan orang dewasa yang kita lihat di dalam sejarah adalah untuk pengajaran dan pengujian para katekumen. Penundaan ini bukan karena dipercaya bahwa orang-orang dewasa dapat diselamatkan tanpa pembaptisan, seperti yang telah dibuktikan di dalam bagian tentang Paus St. Sirisius.
Perhatikan bahwa Katekismus mengajarkan bahwa air “mungkin dicapai oleh semua orang”, suatu kata-kata yang mengecualikan gagasan pembaptisan keinginan sendiri – bahwa air tidak dapat dicapai oleh semua orang. Perhatikan pula bahwa Katekismus menyatakan bahwa sakramen tersebut dibutuhkan bagi semua orang untuk keselamatan! Hal ini mengecualikan segala gagasan tentang keselamatan tanpa Sakramen Pembaptisan. Maka, Katekismus Trente mengajarkan berulang kali dan secara jelas bahwa Yesus Kristus dan Gereja Katolik mengajarkan bahwa Sakramen Pembaptisan dibutuhkan bagi semua orang untuk keselamatan. Segala hal ini jelas bertentangan dengan teori-teori pembaptisan keinginan dan pembaptisan darah.
Terlebih lagi, Katekismus itu juga mengajarkan bahwa orang-orang Kristiani dibedakan dari orang-orang non-Kristiani oleh Sakramen Pembaptisan.
Mereka yang menyatakan bahwa Sakramen Pembaptisan tidak diperlukan bagi semua orang untuk keselamatan (misalnya, orang-orang yang percaya akan "pembaptisan keinginan") menentang ajaran yang sama dari Katekismus Konsili Trente.
Catatan kaki:[1] Katekismus Konsili Trente, hal. 179.
[2] Katekismus Konsili Trente, Pengantar, XXXVI.
[3] Katekismus Konsili Trente, hal. 243.
[4] Denzinger 1379.
[5] Denzinger 468-469.
[6] Decrees of the Ecumenical Councils {Dekret-Dekret Konsili-konsili Ekumenis}, Vol. 2, hal. 806. Denzinger 1784.
[7] Denzinger 804.
[8] Katekismus Konsili Trente, hal. 154.
[9] Katekismus Konsili Trente, hal. 176-177.
[10] Katekismus Konsili Trente, hal. 163.
[11] Katekismus Konsili Trente, hal. 180.
[12] Katekismus Konsili Trente, hal. 171.
[13] Katekismus Konsili Trente, hal. 165.
[14] Katekismus Konsili Trente, hal. 159.
[15] Katekismus Konsili Trente, hal. 165.
Artikel-Artikel Terkait
Di bagian mana pun dari Rosario itu, jika ada gambar Yohanes Paulus II, hendaknya Rosario tersebut tidak digunakan dan dibuang saja. Kelihatannya, gambar Yohanes Paulus II sering ditampilkan pada hiasan...
Biara Keluarga Terkudus 3 bulanBaca lebih lanjut...Pada bagian mananya dari Rosario yg ada gambar YP-II nya ?
Agustinus Rinus 3 bulanBaca lebih lanjut...Halo – seseorang dapat berdoa Rosario dengan jari jika belum/tidak ada Rosario yang layak/dapat digunakan. Misalnya, jika Rosario yang ada di rumah bergambar Yohanes Paulus II (Rosario semacam itu seharusnya...
Biara Keluarga Terkudus 3 bulanBaca lebih lanjut...Bagaimana cara berdoa rosario dengan jari
Vito 3 bulanBaca lebih lanjut...Halo – video kami yang satu ini membahas hal tersebut: Vatikan II Adalah Agama Baru (Bukti Visual) https://vatikankatolik.id/vatikan-ii-agama-baru/ “Dialog antaragama” dan “doa lintas agama” tidak diizinkan untuk umat Katolik. Hal...
Biara Keluarga Terkudus 3 bulanBaca lebih lanjut...Bruder dialog antar agama dan doa lintas agama apakah katolik
Vito Kumaheri 3 bulanBaca lebih lanjut...Saya harap video 'Jews Are Not Israel Or The Chosen People' dapat diterjemahkan untuk melawan pandangan sesat itu. Sangat mengherankan bagi saya untuk melihat penyembahan Yahudi dan negara Israel menyebar...
Inori 3 bulanBaca lebih lanjut...Pandangan semacam itu adalah bidah. Orang-orang Protestan itu perlu diberitahukan agar berkonversi dan memeluk iman Katolik (boleh dibagikan link situs kami). Pandangan mereka tentang orang-orang Yahudi berlawanan dengan ajaran Perjanjian...
Biara Keluarga Terkudus 3 bulanBaca lebih lanjut...Entahlah Bruder Saya heran dengan protestan khususnya kharismatik yang terlihat terlalu mengagung-agungkan bangsa Yahudi membuat seolah olah bangsa Yahudi diatas segala galanya
Joshua 3 bulanBaca lebih lanjut...Halo – jawabannya adalah tidak. Gereja Katolik telah mengajarkan secara dogmatis bahwa setelah Injil dipermaklumkan, ketaatan terhadap ritus-ritus & upacara-upacara Perjanjian Lama merupakan dosa (seturut surat bulla Cantate Domino dari...
Biara Keluarga Terkudus 3 bulanBaca lebih lanjut...