| Extra Ecclesiam nulla salus (EENS) | Sekte Vatikan II | Bukti dari Kitab Suci untuk Katolisisme | Padre Pio | Berita | Langkah-Langkah untuk Berkonversi | Kemurtadan Besar & Gereja Palsu | Isu Rohani | Kitab Suci & Santo-santa |
| Misa Baru Tidak Valid dan Tidak Boleh Dihadiri | Martin Luther & Protestantisme | Bunda Maria & Kitab Suci | Penampakan Fatima | Rosario Suci | Doa-Doa Katolik | Ritus Imamat Baru | Sakramen Pembaptisan | ![]() |
Suster Lusia dari Fatima: “Lihatlah, Romo, Sang Perawan Tersuci pada hari-hari terakhir kita hidup ini telah memberi kemujaraban baru kepada pendarasan Rosario Suci. Telah diberikannya kemujaraban baru ini sedemikian rupa sehingga tiada masalah, sebesar apa pun masalah itu, entah yang bersifat duniawi atau terutama rohani, dalam kehidupan pribadi kita masing-masing, sanak keluarga kita, keluarga-keluarga di dunia, atau komunitas religius, atau bahkan dalam kehidupan bangsa-bangsa dan negara-negara, yang tidak dapat dipecahkan oleh Rosario. Bahwasanya tiada masalah, tidak peduli sesulit apa pun masalah itu, yang tak bisa kita tuntaskan dengan doa Rosario Suci. Dengan Rosario Suci, kita akan menyelamatkan diri kita sendiri. Kita akan menguduskan diri kita sendiri. Kita akan menghibur Tuhan kita dan beroleh keselamatan banyak jiwa.” (Dari wawancara tahun 1957 dengan Romo Fuentes)
Paus Leo XIII: “Menolak dogma, jelas pada dasarnya setara menghendaki agama Kristen tidak ada.” (Tametsi #9, 1 Nov. 1900)
Ketika bangsa Filistin berhasil merebut tabut Allah: “Orang Filistin mengambil tabut Allah itu, dibawanya masuk ke kuil Dagon [berhala mereka] dan diletakkannya di sisi Dagon. Ketika orang-orang Asdod bangun pagi-pagi pada keesokan harinya, tampaklah Dagon terjatuh dengan mukanya ke tanah di hadapan tabut Tuhan; lalu mereka mengambil Dagon dan mengembalikannya ke tempatnya. Tetapi ketika keesokan harinya mereka bangun pagi-pagi, tampaklah Dagon terjatuh dengan mukanya ke tanah di hadapan tabut Tuhan, tetapi kepala Dagon dan kedua belah tangannya terpenggal dan terpelanting ke ambang pintu …” (1 Samuel 5:24)
St. Ireneus, Adversus Haereses [Melawan Bidah], sekitar tahun 185: “Dan bahwasanya para bidah, yang membawakan api yang asing pada altar Allah – yakni, doktrin-doktrin asing – akan terbakar oleh api yang datang dari langit, seperti yang terjadi pada Nadab dan Abihu. Namun mereka yang bangkit melawan kebenaran, dan menghasut orang lain untuk menentang Gereja Allah, [akan] tinggal di antara mereka yang berada dalam Neraka, ditelan oleh gempa bumi, bahwasanya sama seperti mereka yang dahulu ada bersama Korah, Datan dan Abiram.”
St. Basilius, De Spiritu Sancto, abad ke-4: “Di zaman ini, kita tidak kekurangan para pendengar dan penanya yang gemar mencari gara-gara; tetapi untuk menemukan seseorang yang rindu akan informasi, dan yang mencari kebenaran sebagai obat untuk ketidaktahuan, sangat sulit adanya. Sebagaimana pada jebakan pemburu, atau sergapan serdadu, umpannya disembunyikan dengan cerdik, demikian pula adanya dengan pertanyaan-pertanyaan kebanyakan para penanya yang mengajukan argumen-argumen, bukan demi mendapatkan kebaikan apa-apa dari pertanyaan-pertanyaan mereka, namun justru supaya kalau orang gagal memberi jawaban yang bertepatan dengan keinginan-keinginan diri mereka sendiri, mereka mungkin tampak punya dasar yang masuk akal untuk membuat kontroversi.”
St. Tomas Aquinas, Summa Theologiae, I-II, Pertanyaan 88, Artikel 8, Jawaban 1: “Sehubungan kemabukan, kami menjawab bahwa itu merupakan dosa berat dengan alasan genusnya; sebab, bahwa seorang manusia, tanpa ada keperluan, dan semata-mata karena nafsu akan anggur, membuat dirinya sendiri tak mampu menggunakan akalnya, sarana dirinya dibimbing menuju Allah dan menghindari berbuat banyak dosa, jelas berlawanan dengan kebajikan.”
St. Agustinus, Contra Julianum [Melawan Julianus], Buku 5, Bab 1, 422 M: “ … manusia bagaikan kesia-siaan dan hari-harinya berlalu ibarat bayang-bayang ....”
Paus Pius IX: “Kita juga perlu secara khusus memastikan agar para umat beriman sendiri dengan mantap mencamkan baik-baik dalam benak mereka sedalam-dalamnya dogma agama kita yang teramat suci, yaitu perlunya iman Katolik untuk memperoleh keselamatan.” (Nostis et Nobiscum #10, 8 Des. 1849)
St. Alfonsus: “Semua orang yang terkutuk telah binasa karena mereka lalai untuk berdoa; seandainya saja mereka telah berdoa, mereka tidak akan menjadi binasa; dan semua santo-santa telah menjadi orang kudus dengan berdoa; seandainya saja mereka lalai untuk berdoa, mereka tidak akan telah menjadi santo-santa. St. Yohanes Krisostomus berkata: kita harus hidup dalam keyakinan bahwa kelalaian untuk berdoa dan kehilangan rahmat Allah, adalah hal yang satu dan sama.”
Paus Pius IX: “Kita juga perlu secara khusus memastikan agar para umat beriman sendiri dengan mantap mencamkan baik-baik dalam benak mereka sedalam-dalamnya dogma agama kita yang teramat suci, yaitu perlunya iman Katolik untuk memperoleh keselamatan.” (Nostis et Nobiscum #10, 8 Des. 1849)
St. Alfonsus tentang Terkutuknya Orang yang Tak Murni: “Teruskanlah, hai orang bodoh, ujar St. Petrus Damianus (ketika berbicara tentang orang yang tak murni), teruslah engkau memuaskan dagingmu; sebab akan tiba hari saat kenajisanmu akan menjadi seperti batu bara di dalam ususmu, untuk memperbesar dan memperparah siksaan-siksaan lidah api yang akan membakarmu di dalam Neraka: ‘Akan tiba harinya, bahwasanya alih-alih malamnya, ketika hawa nafsumu akan berubah menjadi batu bara, untuk memberi makan api yang kekal di dalam ususmu.’”
Paus St. Leo Agung, Surat 15, 21 Juli 447: “Selain Ketuhanan yang esa, sehakikat, kekal dan tak dapat berubah dari Tritunggal Yang Mahatinggi ini, tiada sesuatu pun dalam ciptaan yang, sedari asalnya sendiri, tidak diciptakan dari ketiadaan.”
St. Alfonsus (1755): “Orang-orang yang duniawi menghindari kesendirian, dan mereka memiliki alasan yang baik untuk melakukannya; sebab di dalam kesendirian, mereka lebih merasakan perihnya penyesalan hati nurani, dan maka dari itu, mereka pergi mencari percakapan-percakapan serta hiruk-pikuk dunia, agar gaduhnya kesibukan-kesibukan ini dapat meredam sengatan-sengatan penyesalan.”
Amsal 15:8 – “Korban orang fasik adalah kekejian bagi Tuhan ....”
Paus St. Martinus I, Sinode Lateran, 640: “ … Iblis, yang telah selalu bergegas melakukan karya-karyanya melalui ‘para putra ketidaktaatan.’”
Paus St. Martinus I, Sinode Lateran, 649: “ … tidak ada titik temu antara para bidah dan para bapa yang kudus, namun ‘sejauh Timur dari Barat’, demikian pula jauhnya para bidah yang fasik itu dalam perkataan dan pikiran, dari orang-orang yang berbicara tentang Allah.”
Penglihatan St. Ansgarius (abad ke-9): “Lalu ketika saya telah dibawa oleh orang-orang yang saya sebutkan, ke dalam kehadiran cahaya yang tiada habisnya ini, tempat kemegahan Allah yang Mahakuasa diwahyukan kepada saya tanpa perlu dijelaskan seorang pun, dan ketika mereka dan diri saya telah mempersembahkan penyembahan kami bersama-sama, sebuah suara yang teramat merdu, suara yang lebih berbeda dari segala suara lainnya, dan yang bagi saya tampak mengisi seluruh dunia, mendatangi diri saya dari kemegahan ilahi yang sama itu ....” (Riwayat Hidup Ansgarius, hal. 10)
Konsili Konstantinopel I, 381, Kanon 1: “Setiap bidah harus dikutuk dan terutama bidah dari kaum Eunomian atau Anomean, dari kaum Arian atau Eudoksian, dari kaum Semi-Arian atau Pneumatomakhi, dari kaum Sabelian, dari kaum Marselian, dari kaum Fotinian dan dari kaum Apolinarian.”
Sebagai orang muda yang di kemudian hari menjadi rasul Brazil, Padre Jose de Anchieta [abad ke-16] gembira dan disukai orang. “Namun Jose sering kali bersedih hati dan melankolis. Dalam suasana hatinya yang gelisah, ia mencari kesunyian untuk berdoa dan bermeditasi: jiwanya merindukan sesuatu yang lebih dari kesalehan, pengetahuan dan rasa sayang yang biasa-biasa saja. Ketika dikuasai oleh semangat itu, ia akan meninggalkan studinya yang berat dan berjalan di sepanjang tepian Sungai Mondego. Dalam kecantikan sungai itu, ia menemukan pelepasan yang membuatnya sanggup merenungkan tragedi kelemahan manusia. Setelah melakukan salah satu perjalanannya dalam pencarian untuk memuaskan rasa lapar itu, Jose memasuki Katedral Coimbra. Ketika ia berlutut dalam keheningan yang mendalam dan berbayang-bayang di hadapan gambar Perawan Suci, ia seketika menemukan damai dan sukacita yang didamba-dambakannya. Kerinduan samar yang sebelumnya mengganggu dirinya dan kadang kala menguasainya sekarang berubah menjadi keinginan untuk membaktikan hidupnya demi melayani Allah ....” (Helen G. Dominian, Apostle of Brazil [Rasul Negeri Brazil], hal. 6)
Ketika mengonversikan para budak pagan di Amerika Selatan, St. Petrus Klaver (1580-1654) mengajarkan mereka bahwa mereka harus meminta “ampun atas dosa-dosa kehidupan mereka yang dahulu pagan, terutama atas penyembahan berhala, hawa nafsu dan kemabukan.” (Romo Angel Valtierra, Peter Claver – Saint of the Slaves [Petrus Klaver – Santo bagi Para Budak], 1960, hal. 127)
^