^
^
Extra Ecclesiam nulla salus (EENS) | Sekte Vatikan II | Bukti dari Kitab Suci untuk Katolisisme | Padre Pio | Berita | Langkah-Langkah untuk Berkonversi | Kemurtadan Besar & Gereja Palsu | Isu Rohani | Kitab Suci & Santo-santa |
Misa Baru Tidak Valid dan Tidak Boleh Dihadiri | Martin Luther & Protestantisme | Bunda Maria & Kitab Suci | Penampakan Fatima | Rosario Suci | Doa-Doa Katolik | Ritus Imamat Baru | Sakramen Pembaptisan |
Sesi telah kadaluarsa
Silakan masuk log lagi. Laman login akan dibuka di jendela baru. Setelah berhasil login, Anda dapat menutupnya dan kembali ke laman ini.
Katekismus Pasca-Konsili Trente oleh St. Petrus Kanisius Menentang “Pembaptisan Keinginan”
Di dalam video ini, saya ingin membahas beberapa contoh katekismus penting yang diterbitkan setelah sesi-sesi kunci Konsili Trente yang menegaskan posisi yang benar, bahwa Sakramen Pembaptisan diperlukan untuk keselamatan tanpa terkecuali, berdasarkan dogma Katolik dan kata-kata Yesus dalam Yohanes 3:5. Poin-poin ini penting sekali, sebab orang-orang yang memusuhi kebenaran Katolik tentang pembaptisan, sering membuat misrepresentasi, atau terang-terangan berbohong tentang fakta-faktanya dan tentang Tradisi pada perkara ini.
Santo Petrus Kanisius, terlahir di Belanda tahun 1521, adalah seorang Doktor Gereja. Selama hidupnya, ia berkorespondensi dengan para Paus, termasuk Paus Pius IV, Santo Pius V, dan Gregorius XIII. Kanisius adalah seorang delegasi di Konsili Trente dan menghadiri Konsili Trente sebagai seorang teolog. Menurut The Catholic Encyclopedia (Ensiklopedia Katolik), Kanisius berbicara dua kali dalam kongregasi para teolog di Konsili Trente. Setelah itu, ia menghabiskan beberapa bulan di bawah bimbingan St. Ignatius (O. Braunsberger, “Blessed Peter Canisius” [“Beato Petrus Kanisius”], The Catholic Encyclopedia [Ensiklopedia Katolik], 1911).
Pada tahun 1555, Santo Petrus Kanisius untuk pertama kalinya menerbitkan karyanya: Summa Doctrinae Christianae, yang dikenal sebagai Katekismus Besar. Katekismus ini menjadi terkenal di seluruh dunia. Selama masa hidupnya, katekismus ini diterjemahkan ke dalam 15 bahasa, dan di tahun 1686 telah melalui 400 edisi. Pada tahun 1583, katekismus ini dicetak dan diterbitkan dalam bahasa Slovenia di Roma, atas perintah Paus Gregorius XIII. Menurut The Catholic Encyclopedia, katekismusnya terus menjadi dasar dan pola untuk katekismus-katekismus yang dicetak di kemudian hari.
Paus Leo XIII dalam surat ensikliknya, Militantis Ecclesiae, tertanggal 1 Agustus 1897, memuji Summa karya St. Petrus Kanisius, yang juga disebut sebagai Katekismus Besar. Sri Paus berkata bahwa katekismus ini ditulis dalam bahasa Latin yang elegan, dan gaya bahasanya layak digolongkan sebagai karya para Bapa Gereja. Sri Paus juga berkata bahwa katekismusnya itu merupakan karya yang luar biasa, dan disambut dengan antusias hampir di seluruh kerajaan di Eropa oleh kaum terpelajar.
Di dalam katekismus yang terkenal di dunia itu, karya teologis St. Petrus Kanisius (seorang Doktor Gereja yang menghadiri Konsili Trente sebagai seorang teolog), ada sebuah bagian lengkap tentang pembaptisan dan perlunya pembaptisan. Di dalam katekismusnya, Santo Petrus tidak mengajarkan gagasan “pembaptisan keinginan atau darah”, meskipun ia punya banyak kesempatan untuk melakukannya dalam karya yang cukup besar ini. Sebaliknya, ia mengajarkan bahwa Sakramen Pembaptisan diperlukan bagi semua orang tanpa terkecuali, dan bahwa jika manusia tidak dilahirkan kembali dari air dan Roh Kudus, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. St. Kanisius juga merujuk pada perikop-perikop para bapa Gereja yang secara khusus mengajarkan bahwa katekumen tak dibaptis tidak dapat diampuni atau diselamatkan tanpa pembaptisan air. Ia mendasari ajarannya tentang pembaptisan pada perikop-perikop kunci Konsili Trente, Yohanes 3:5, dll. Ia bahkan merujuk pada Sesi 6, Bab 4 Konsili Trente (dan Sesi 7, Kanon 5 Konsili Trente) seperti yang akan kita lihat. Berikut ajaran katekismusnya.
Ada beberapa poin yang bukan main pentingnya pada kutipan ini, termasuk catatan kakinya. St. Petrus Kanisius mengajarkan bahwa tidak ada orang yang bisa selamat tanpa dilahirkan kembali dari air dan Roh Kudus berdasarkan perkataan Yesus dalam Yohanes 3:5. Perkataan Tuhan kita ini sebenarnya adalah dogma yang diajarkan oleh Gereja Katolik pada Konsili Florence dan Trente. Mereka yang menolak dan mengutuk posisi bahwa setiap orang harus dibaptis untuk diselamatkan (termasuk hampir semua imam, bahkan yang disebut-sebut imam tradisional, pada masa Kemurtadan Besar ini) orang-orang itu menolak dan mengutuk perkataan Yesus Kristus yang telah dinyatakan sebagai dogma tanpa pengecualian oleh Gereja Katolik. Memang benar, pada bagian Katekismus ini, Santo Petrus Kanisius memberi catatan kaki untuk pernyataan dogmatis Trente dalam Sesi 5 tentang Dosa Asal. Sesi Konsili Trente itu menyatakan bahwa perkataan Tuhan kita pada Yohanes 3:5, merupakan kebenaran yang diwahyukan Allah tanpa pengecualian.
Katekismus St. Petrus Kanisius demikian pula mengajarkan bahwa Sakramen itu diperlukan baik bagi orang dewasa maupun anak-anak tanpa kualifikasi. Dalam bahasa Latin dan bahasa Indonesia, kata “perlu” biasanya berarti “disyaratkan, esensial, dan tidak dapat dihindari.” Dalam konteksnya, keperluan bisa diberi kualifikasi. Orang bisa mengualifikasikan keperluan dengan menyebut keperluan jenis tertentu, atau untuk kelompok tertentu, atau keperluan asas, atau dengan mencantumkan pengecualian pada konteksnya. Tetapi, ketika sesuatu dinyatakan “perlu” atau “diperlukan” tanpa kualifikasi atau pengecualian -- terutama dalam sebuah dekret dogmatis -- artinya hal itu benar-benar disyaratkan, esensial, dan tidak dapat dihindari.
Untuk memperkuat poin ini, coba perhatikan bagaimana Konsili Trente menggunakan kata necessitate pada kanon 2 tentang Sakramen Pembaptisan. Kanon itu menyatakan:
Di sini, apakah kata “diperlukan” atau “perlu” berarti:
Jelas bahwa artinya adalah #1, dan #2 dimustahilkan, sebab dalam keadaan apa pun, anda sama sekali tidak bisa menyambut Sakramen Pembaptisan tanpa air sejati dan alami, seperti yang diakui pula bahkan oleh para pembela “pembaptisan keinginan”. Menurut pandangan mereka, orang bisa selamat tanpa menyambut Sakramen tersebut, namun, mereka mengakui bahwa Sakramen itu sendiri tidak bisa berlangsung atau diterima tanpa air secara nyata, atau tanpa orang yang membaptis, dll. Jadi, ketika Konsili Trente mendefinisikan bahwa air sejati dan alami bersifat de necessitate -- yaitu, diperlukan, atau perlu untuk Sakramen Pembaptisan -- artinya air secara mutlak diperlukan, esensial dan tidak dapat dihindari dalam segala kasus demi kelangsungan sakramen tersebut. Maka, itu berarti bahwa ketika Konsili Trente mendefinisikan, hanya dalam beberapa kanon berikutnya, bahwa Sakramen Pembaptisan itu sendiri diperlukan untuk keselamatan tanpa kualifikasi, artinya sakramen itu secara mutlak diperlukan untuk keselamatan dalam segala keadaan tanpa pengecualian.
Jadi, sama seperti Kanon 2 tidak menerima adanya pengecualian terkait hal yang dianggap perlu, demikian pula adanya dengan Kanon 5. Lebih jauh lagi (dan hal ini juga penting), ajaran Trente tentang perkara ini tidak terbatas hanya dalam menyatakan bahwa Sakramen itu diperlukan untuk keselamatan. Kita sudah melihat dalam Sesi 5 tentang Dosa Asal, bahwa Konsili Trente menyatakan secara infalibel, bahwa jika seseorang tidak dilahirkan kembali dari air dan Roh Kudus, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Perkataan itu tidak menggunakan kata diperlukan, dan secara infalibel mengajarkan bahwa tidak ada orang yang bisa selamat tanpa pembaptisan air berdasarkan perkataan Tuhan kita. Konsili Florence juga mengajarkan kebenaran yang sama. Dalam Katekismusnya, Santo Petrus Kanisius juga mengajarkan bahwa Sakramen itu diperlukan bagi orang dewasa dan anak-anak tanpa terkecuali, dan ia mengutip Yohanes 3:5.
BEBERAPA CATATAN KAKI PENTING
Nah, yang menarik adalah pada catatan kaki # 1-nya, yang ada setelah kata-kata “bukan hanya” (atau non solum dalam bahasa Latin), referensinya adalah Sesi 6, Bab 4 Konsili Trente dan Sesi 7, Kanon 5. Sesi 7, Kanon 5 baru saja kami kutip. Santo Petrus Kanisius mereferensikan kanon ini sebagai dasar ajarannya bahwa Sakramen itu diperlukan bagi semua orang tanpa terkecuali. Tetapi referensi pertama yang diberikannya adalah Sesi 6, Bab 4.
Orang-orang yang akrab dengan perkara ini tahu bahwa Sesi 6, Bab 4 Konsili Trente merupakan perikop yang dikira oleh para pembela “pembaptisan keinginan” mengajarkan pembaptisan keinginan, namun sebenarnya sama sekali tidak. Kami membuktikannya pada materi kami. Tontonlah video kami: Konsili Trente Tidak Mengajarkan “Pembaptisan Keinginan”. Sesi 6, Bab 4 Konsili Trente berkata bahwa pembenaran “tidak dapat berlangsung tanpa [‘sine’] permandian kelahiran kembali atau tanpa keinginan untuknya, sebagaimana yang tertulis (Yohanes 3:5)”.
Secara logika dan dalam konteksnya, itu tidak berarti orang bisa dibenarkan oleh keinginan untuk pembaptisan tanpa pembaptisan itu sendiri. Ketika perkara ini sedang dipertimbangkan, penting dicatat bahwa dalam contoh-contoh berbahasa Indonesia, kata “tanpa” sebaiknya didistribusikan, agar terjemahan perikopnya tepat dan pemahaman poinnya akurat; karena dalam tata bahasa Latin, kata “sine” (yang berarti “tanpa”) berlaku untuk lavacro (permandian) dan voto (keinginan). Sine adalah kata depan yang terkait dengan kasus ablatif, dan dalam Sesi 6, bab 4, kata lavacro dan voto, kedua-duanya berada dalam kasus ablatif. Itulah sebabnya, kata tanpa digunakan untuk kedua kata tersebut. Jadi, dalam bahasa Indonesia perikop itu seharusnya terbaca sebagai berikut: tidak dapat berlangsung tanpa … atau tanpa … sebagaimana yang tertulis [Yohanes 3:5].
Sekarang:
Itu tidak berarti yang satu cukup kalau yang lain tidak ada. Jadi, berkata bahwa pembenaran tidak bisa berlangsung tanpa permandian kelahiran kembali atau tanpa keinginan untuknya, logikanya berarti kalau salah satu pun dari permandian kelahiran kembali atau keinginan untuknya tidak ada, pembenaran tidak bisa berlangsung. Posisi itulah yang kami pegang; dan itu bukan posisi yang dipegang para pendukung gagasan “pembaptisan keinginan”. Kalimat yang sama dari Konsili Trente itu juga berakhir dengan menekankan Yohanes 3:5 “sebagaimana yang tertulis” (sicut scriptum est). Ini memperkuat poin kami ini dan menentang gagasan pembaptisan keinginan. Pembaptisan keinginan mendalilkan bahwa Yohanes 3:5 seharusnya tidak dipahami sebagaimana yang tertulis; dan mengadakan pengecualian untuk Yohanes 3:5, yang tidak diajarkan Konsili Trente. Maka, dari sudut pandang logika, dalam konteksnya, dan kalau dicermati dengan seluruh isi Konsili Trente & dogma Katolik, Sesi 6, Bab 4 terbukti tidak mengajarkan pembaptisan keinginan, namun justru menegaskan perkataan Yesus dalam Yohanes 3:5 - sebagaimana yang tertulis.
Ada beberapa orang telah mencoba menanggapi argumen ini dengan menyatakan bahwa jika hal ini benar, maka bayi-bayi harus ingin dibaptis, tetapi kami menyanggahnya dengan menunjukkan bahwa perikop ini membahas pembenaran bagi orang fasik. Kata impii dalam bahasa Latin yang bisa berarti bagi orang fasik, tidak bisa digunakan untuk orang-orang yang tidak dapat menggunakan akal, seperti yang sudah kami tunjukkan dalam video/artikel kami yang lain. Yang dibahas Sesi 6, Bab 4 adalah pembenaran orang dewasa. Keinginan dibaptis adalah suatu prasyarat pembenaran orang dewasa. Maka dalam kasus orang dewasa, kalau entah keinginan dibaptis atau pembaptisan airnya tidak ada, pembenaran tidak bisa berlangsung, sebagaimana yang tertulis [Yohanes 3:5].
Sekarang, St. Petrus Kanisius, yang menghadiri Konsili Trente sebagai seorang teolog, memperkuat semua poin kami tentang perikop ini, karena, ia secara khusus merujuk pada perikop ini dalam proses mengajarkan bahwa tidak ada orang yang bisa selamat tanpa pembaptisan air. Dia juga mengutipnya secara langsung untuk mereferensikan bagaimana orang dewasa perlu sakramen itu. Ini mendukung fakta bahwa perikop tersebut terkait dengan pembenaran orang dewasa, dan bukan pembenaran bayi.
Kutipan St. Kanisius dari Sesi 6, Bab 4 dalam bagian katekismusnya tentang perlunya Sakramen Pembaptisan, merupakan sebuah penafsiran Sesi 6, Bab 4 pasca-Konsili Trente yang dibuat oleh seorang Doktor Gereja dan teolog yang menghadiri Konsili itu. Penafsiran itu sangat konsisten, dan kenyataannya mendukung posisi kami pada perkara ini, dan juga tentunya posisi Gereja yang sejati pada perkara ini. Ini adalah sebuah pembenaran yang sangat kuat dan sejalan dengan Penyelenggaraan Ilahi. St. Petrus Kanisius mungkin merupakan penulis yang paling banyak dibaca oleh para teolog yang menghadiri Konsili Trente. Bahkan, penafsirannya atas Sesi 6, Bab 4, yang pertama kali terbit pada pertengahan tahun 1500-an, merupakan salah satu tafsiran paling awal pada perkara ini yang terbit setelah sesi-sesi kunci Konsili Trente; yang dianggap edisi definitif katekismusnya merupakan edisi tahun 1566, dengan edisi-edisi pendahulunya terbit pada dekade sebelumnya. Dan, seperti yang baru saja kami tunjukkan, ia resmi mengajarkan berdasarkan perikop ini dan perikop-perikop lainnya bahwa tidak ada seorang pun yang bisa selamat tanpa pembaptisan air. Itu bukanlah posisi yang dipegang para pemercaya pembaptisan keinginan.
Untuk semakin menguatkan poin-poin ini, ada 3 referensi lain yang diberikan pada catatan kaki #1-nya, sesudah referensi kepada Sesi 6, Bab 4 dan Sesi 7, Kanon 5. Ketiga referensi ini mengacu pada St. Agustinus, St. Ambrosius dan sebuah perikop yang telah dianggap berasal dari Klemens. Ketiga perikop yang dikutipnya mengajarkan, bahwa para katekumen tak dibaptis tidak bisa dilahirkan kembali tanpa benar-benar menerima pembaptisan air. Ketiga-tiganya secara langsung menentang gagasan “pembaptisan keinginan”. Perikop pertamanya mengutip St. Agustinus, risalah 13 tentang Injil Yohanes:
Perikop Bapa Gereja semacam inilah yang bisa anda lihat dalam publikasi anti-“pembaptisan keinginan”, sebab perikop ini mengungkapkan kebenaran bahwa tidak peduli betapa besar kemajuan yang dibuat katekumen tak dibaptis, ia tidak bisa diampuni dan diselamatkan kalau dirinya tak dibaptis. Perikop berikutnya yang dikutip oleh St. Petrus Kanisius, berasal dari St. Ambrosius, tentang Misteri-Misteri. Maksudnya pun juga sama:
Ini juga menentang gagasan Pembaptisan Keinginan. Dan dalam perikop lengkapnya, St. Ambrosius mengajarkan bahwa air, darah dan Roh diperlukan seluruhnya demi menerima efek pembaptisan. Kebenaran ini diajarkan secara infalibel oleh Paus St. Leo Agung (seperti yang dibahas pada materi kami).
Jadi, St. Petrus Kanisius mengutip perikop-perikop ini, yang jelas menentang konsep bahwa katekumen tak dibaptis bisa dibenarkan dan selamat tanpa pembaptisan air. Dan ia juga mengutip Sesi 6, Bab 4 Konsili Trente serta Sesi 7, Kanon 5 Konsili Trente, untuk mengajarkan bahwa orang dewasa harus dibaptis air supaya selamat. Ini sungguh membuktikan bahwa posisi kami benar.
Pada Katekismus itu juga, dalam bagian 19 Mengenai iman dan simbol iman, ia berkata tentang pengampunan dosa sebagai berikut:
Sekali lagi kita melihat Doktor Gereja yang hadir pada Konsili Trente ini, mengajarkan tiadanya orang yang bisa menerima pengampunan dosa dan diselamatkan, tanpa iman dan pembaptisan.
St. Petrus Kanisius juga sangat tegas mengajarkan di dalam katekismusnya, bahwa tidak ada seorang pun yang bisa selamat tanpa iman Katolik, dan ini juga menurut ajarannya, berlaku bahkan bagi mereka yang mati tanpa tahu kebenaran-kebenaran esensial. St. Petrus Kanisius mengajarkan bahwa di luar Gereja tidak ada keselamatan bagi manusia, melainkan kehancuran yang niscaya, termasuk bagi orang-orang Yahudi dan pagan “yang tidak pernah menerima iman”.
Dogma ini, dogma bahwa iman Katolik diperlukan bagi semua orang, ditolak oleh hampir semua imam yang disebut-sebut tradisionalis di zaman kita.
Sekarang, karena kita sudah membahas bahwa katekismus Santo Petrus Kanisius mendukung posisi kami, mari kita melihat dua katekismus pasca-Konsili Trente lainnya.
KATEKISMUS IRLANDIA REVERENDUS JAMES BUTLER
Pada tahun 1775, Reverendus James Butler, Uskup Cashel, Irlandia, menerbitkan Katekismus Irlandia yang terkenal. Katekismus ini disetujui oleh empat uskup agung Irlandia dan digunakan sebagai katekismus umum di Irlandia. Katekismus ini juga disetujui oleh Konsili Quebec dan disahkan sebagai katekismus berbahasa Inggris resmi untuk Keuskupan Agung Toronto pada tahun 1871.
Di dalam katekismus ini, kita mendapati kebenaran yang sama tentang pembaptisan diajarkan, dan gagasan sesat pembaptisan keinginan & darah tidak diajarkan.
Itulah kebenaran yang kita dapati pada semua ketetapan dogmatis & magisterial pada perkara ini. Inilah kaidah iman yang benar pada perkara ini. Coba dicatat juga: katekismus ini memahami kata “diperlukan”, dengan arti “tanpanya orang tidak bisa diselamatkan.”
Katekismus yang sama ini juga mengajarkan bahwa orang-orang di atas usia akal harus tahu kebenaran-kebenaran esensial dari iman Kristiani, seperti Allah Tritunggal dan Penjelmaan. Seperti yang sudah kami sebutkan, ajaran Katolik ini ditolak oleh hampir semua imam yang disebut-sebut tradisionalis (dan juga oleh para imam pada umumnya di zaman kita), yang percaya bahwa orang-orang yang menganut agama sesat bisa selamat.
Dan dari antara kelima misteri yang harus diketahui oleh mereka yang sudah bisa menggunakan akal, Katekismus itu menyebutkan: 1) Bahwa hanya ada satu Allah; 2) Allah Tritunggal; 3) Penjelmaan; 4) Penyaliban, Wafat dan Kebangkitan Yesus Kristus; dan 5) bahwa Allah memberi pahala atas kebaikan, dan hukuman atas kejahatan.
THE PENNY CATECHISM
Ada satu contoh katekismus lain yang dengan tepat menyampaikan ajaran Gereja serta kaidah iman yang benar pada perkara ini dan pada periode ini. Namanya adalah Katekismus Doktrin Kristiani (klik tautannya) atau The Penny Catechism. Katekismus ini digunakan sebagai teks katekese standar di Britania Raya sepanjang abad XX. Ujarnya:
Sama sekali tidak diberi pengecualian. Jadi, demikianlah beberapa contoh katekismus yang terbit setelah Konsili Trente, yang dengan tepat menyampaikan kaidah iman Gereja dan ajaran yang benar pada perkara ini. Namun, memang benar bahwa ada kesalahan-kesalahan tertentu yang terselisip dalam banyak katekismus lain, seperti yang dibahas secara rinci oleh materi kami. Namun yang paling penting, sepanjang periode ini, ajaran resmi Gereja terus menjunjung tinggi kaidah iman yang benar, yaitu tidak seorang pun dapat diselamatkan tanpa pembaptisan dan iman Katolik.
Bunda maria yang penuh kasih... doakanlah kami yang berdosa ini ....
Thomas N. 4 mingguBaca lebih lanjut...Halo – meski Bunda Teresa dulu mungkin tampak merawat orang secara lahiriah, namun secara rohaniah, ia meracuni mereka: yakni, dengan mengafirmasi mereka bahwa mereka baik-baik saja menganut agama-agama sesat mereka...
Biara Keluarga Terkudus 2 bulanBaca lebih lanjut...Tentu saja kami ini Katolik. Perlu anda sadari bahwa iman Katolik tradisional itu perlu untuk keselamatan, dan bahwa orang yang meninggal sebagai non-Katolik (Muslim, Protestan, Hindu, Buddhis, dll.) TIDAK masuk...
Biara Keluarga Terkudus 2 bulanBaca lebih lanjut...Terpuji lah Tuhan allah pencipta langit dan bumi
Agung bp 2 bulanBaca lebih lanjut...apakah anda katolik benaran?
lidi 2 bulanBaca lebih lanjut...Saat bunda teresa dengan sepenuh hati merawat dan menemani mereka dalam sakratul maut saya percaya kalau tindakan beliau secara tidak langsung mewartakan injil dan selebihnya roh kudus yang berkenan untuk...
bes 3 bulanBaca lebih lanjut...Ramai dibahas oleh kaum protestan soal soal Paus Liberius. Trimakasuh untuk informasinya
Nong Sittu 3 bulanBaca lebih lanjut...Halo kami senang anda kelihatannya semakin mendalami materi kami. Sebelum mendalami perkara sedevakantisme, orang perlu percaya dogma bahwa Magisterium (kuasa pengajaran Paus sejati) tidak bisa membuat kesalahan, dan juga tidak...
Biara Keluarga Terkudus 4 bulanBaca lebih lanjut...Materi yang menarik. Sebelumnya saya sudah baca materi ini, namun tidak secara lengkap dan hikmat. Pada saat ini saya sendiri sedang memperdalami iman Katolik secara penuh dan benar. Yang saya...
The Prayer 4 bulanBaca lebih lanjut...Santa Teresa, doakanlah kami
Kristina 5 bulanBaca lebih lanjut...