^
^
Extra Ecclesiam nulla salus (EENS) | Sekte Vatikan II | Bukti dari Kitab Suci untuk Katolisisme | Padre Pio | Berita | Langkah-Langkah untuk Berkonversi | Kemurtadan Besar & Gereja Palsu | Isu Rohani | Kitab Suci & Santo-santa |
Misa Baru Tidak Valid dan Tidak Boleh Dihadiri | Martin Luther & Protestantisme | Bunda Maria & Kitab Suci | Penampakan Fatima | Rosario Suci | Doa-Doa Katolik | Ritus Imamat Baru | Sakramen Pembaptisan |
Sesi telah kadaluarsa
Silakan masuk log lagi. Laman login akan dibuka di jendela baru. Setelah berhasil login, Anda dapat menutupnya dan kembali ke laman ini.
Teks Latin Dekret Kepausan Penyintas Tertua Menolak “Pembaptisan Keinginan” - Paus St. Sirisius
TEKS LATIN DEKRET KEPAUSAN PENYINTAS TERTUA MENOLAK “PEMBAPTISAN KEINGINAN”
Pada tahun 385, Paus St. Sirisius mengeluarkan sebuah dekret kepada Himerius. Dokumen ini sering disebut sebagai sepucuk Surat kepada Himerius. Namun dokumen ini sebetulnya adalah sebuah dekret otoritatif, yang di dalamnya Paus St. Sirisius menggunakan otoritas apostoliknya, mempermaklumkan undang-undang, dan mendeklarasikan bahwa dekretnya harus diedarkan kepada semua uskup Gereja Katolik, dan harus mereka taati. Maka dokumen ini adalah sebuah akta otoritatif dari Takhta Suci. Dekret Paus St. Sirisius kepada Himerius kenyataannya adalah dekret Kepausan tertua yang tetap terjaga utuh. Tentunya ada dekret-dekret Kepausan sebelum masa St. Sirisius, dan St. Sirisius bahkan membuat rujukan kepada dekret-dekret tersebut. Namun dekret Sri Paus ini adalah dekret tertua yang terjaga secara utuh. Di dalam dekret itu, Paus St. Sirisius membuat pernyataan-pernyataan yang mengejutkan, tentang perlunya pembaptisan bayi dan pembaptisan orang dewasa. Ia juga secara eksplisit sama sekali menolak konsep pembaptisan keinginan atau baptis rindu. Kalau kita mencermati teks bahasa Latin dokumen itu, kita mendapat bukti yang pasti bahwa Paus St. Sirisius dan ajaran Gereja Katolik menentang gagasan pembaptisan keinginan.
Fakta-fakta di bawah membuktikan kepada semua orang yang jujur, bahwa dekret St. Sirisius dan Gereja perdana menolak gagasan “pembaptisan keinginan”. Meskipun demikian, ada banyak orang yang luar biasa tidak jujur di dunia, termasuk mereka yang mengklaim diri “Katolik tradisionalis”. Sayangnya, beberapa dari antara mereka begitu lekat dengan konsep “pembaptisan keinginan” (dan bidah keselamatan di luar Gereja) sehingga mereka akan secara langsung menyangkal adanya kutipan atau fakta apa pun yang menentang “pembaptisan keinginan”, tidak peduli betapa pasti keberadaannya atau betapa jelas ajarannya. Mereka dalam prosesnya kehilangan segala kredibilitas.
Menimbang kegagalan mereka bahkan dalam mengakui realitas pun (yaitu adanya kutipan-kutipan yang melawan posisi mereka), mereka pantas dibandingkan dengan para pendukung homoseksualitas yang mengklaim bahwa Alkitab tidak mengutuk perbuatan homoseksual. Ya, ada banyak orang yang mengaku diri “Kristen” dan benar-benar berargumen bahwa tidak ada ayat dalam Kitab Suci yang berlaku untuk mengutuk perbuatan homoseksual. Mereka mencoba mencari-cari alasan untuk setiap ayat alkitab yang pada umumnya dikutip dalam perkara itu. Mereka bahkan membela pandangan mereka itu dalam karya-karya mereka yang tercetak! Anda mungkin berkata bahwa perbuatan mereka itu absurd. Nah, seperti yang dibuktikan oleh fakta-fakta berikut, menyangkal bahwa dekret Paus St. Sirisius menentang gagasan “pembaptisan keinginan” itu adalah perbuatan yang sama absurdnya.
Kami mengundang setiap orang yang ingin kebenaran - misal. setiap orang yang setia dan percaya akan ajaran Katolik dan otoritas yang Kristus anugerahkan atas St. Petrus dan para penerusnya - supaya mereka mencermati fakta-fakta ini dengan saksama. Kami meminta mereka supaya merenungkan penting serta bobot dekret Kepausan ini dan fakta-fakta yang terkait pada perkara tersebut, dan tunduk kepada posisi Katolik yang didiktatkan hal-hal itu.
BAGIAN KUNCI DEKRET INI
Berikut yang dikatakan Sri Paus:
Kata-kata Sri Paus ini sangat jelas. Ia sama sekali menolak gagasan pembaptisan keinginan.
Sri Paus memulai dengan berbicara tentang suatu disiplin, yaitu menyelenggarakan pembaptisan konvert orang dewasa pada masa Paskah. Masa Paskah adalah masa perayaan Kebangkitan. Pembaptisan merupakan kebangkitan dari keadaan pengutukan ke dalam hidup baru dalam Kristus (lihatlah Kolose 2:12, Roma 6:3-4, dll.). Itulah sebabnya, pada waktu itu timbul suatu kebiasaan untuk menyelenggarakan pembaptisan konvert orang dewasa pada masa Paskah, setelah para katekumen yang belum dibaptis melalui masa ujian dan pengajaran sebagai persiapan menjalani kehidupan Kristiani. Seperti yang dibuktikan dengan jelas oleh dekret ini dan dekret-dekret lainnya, kebiasaan menunda pembaptisan orang dewasa sampai masa Paskah tidak bertentangan dengan posisi dan ajaran Gereja yang infalibel - bahwa semua orang yang mempersiapkan diri untuk dibaptis memang akan binasa jika mereka meninggal sebelum dibaptis. Tidak seorang pun dapat diselamatkan tanpa pembaptisan, seperti yang dinyatakan Yesus dalam Yohanes 3:5 dan diajarkan Gereja secara infalibel. Allah bisa dan memang akan menjaga jiwa-jiwa yang berkehendak baik dan tulus supaya tetap hidup sampai dibaptis. Ialah yang memegang kendali.
Praktik membaptis konvert dewasa pada masa Paskah dan kebiasaan katekumenat yang diperpanjang merupakan suatu disiplin pada zaman itu. Praktik dan kebiasaan itu bukanlah suatu kewajiban dari Tradisi Apostolik, seperti yang kita lihat pada Kisah Para Rasul bab 8. Di dalam bab itu kita melihat bahwa Filipus membaptis sida-sida dari Etiopia setelah berdiskusi dengan amat singkat tentang dasar-dasar iman Kristiani. Jadi, ketika menyatakan bahwa penunaian ibadat Paskah suci harus dilanjutkan, St. Sirisius menambahkan bahwa jika para katekumen yang belum dibaptis ini mendapati diri mereka dalam keadaan darurat macam apa pun, mereka harus dibaptis dengan segala ketangkasan, yang berarti: secepatnya atau dengan segera. Ia kemudian menjelaskan alasannya menitikberatkan poin ini. Sri Paus menyatakan bahwa mereka harus cepat-cepat dibaptis sesegera mungkin kalau berada dalam keadaan darurat macam apa pun.
Pernyataannya itu tentunya sama sekali menolak konsep pembaptisan keinginan. Sri Paus mengajarkan bahwa semua orang yang menginginkan pembaptisan air tetapi mati tanpa menerimanya tidak akan selamat.
MENCERMATI TEKS LATINNYA DENGAN LEBIH SAKSAMA
Untuk memperkuat bukti bahwa dekret Paus Santo Sirisius menolak pembaptisan keinginan, mari kita mencermati perkataannya dengan lebih saksama.
Pada versi Latin dekret itu, kita menemukan kata: desiderantibus. Kata itu adalah partisip masa kini jamak dalam bentuk datif dari kata kerja:
Di sini, desiderantibus secara harfiah berarti bagi mereka yang menginginkan. Maka dari itu, dekret ini berbicara secara langsung tentang para katekumen yang belum dibaptis, yang menginginkan pembaptisan air. Dalam kalimat tersebut kita juga menemukan kata-kata berikut: negato... fonte salutari
Itu adalah ablatif absolut - yaitu, frasa yang umumnya terdiri dari kata benda dan partisip yang memodifikasi dalam kasus ablatif.
Ditolak bagi siapa? Sri Paus berkata: desiderantibus, bagi mereka yang menginginkannya. Jadi, dekret ini secara langsung membahas kasus-kasus ditolaknya Sakramen Pembaptisan bagi mereka yang menginginkannya. Di dalam paragraf-paragraf ini, Sri Paus kenyataannya menggunakan banyak kata kerja untuk menggambarkan situasi saat orang akan meminta atau bahkan mengemis supaya dibaptis. Namun, mereka semua akan binasa jika mereka tidak mendapatkannya, seturut ajaran Sri Paus.
Faktanya, kalau seseorang berkehendak baik, Allah akan menjaga orang itu tetap hidup sampai menerima Pembaptisan.
Dia Allah yang baik, Mahakuasa dan adil. Namun dekret Sri Paus dan ajaran Gereja menegaskan bahwa tidak seorang pun diselamatkan tanpa pembaptisan air – dan ajaran ini juga berlaku bahkan kepada mereka yang menginginkannya.
Di samping itu, menurut saya sangat menarik bahwa dekret itu menggunakan kata desiderantibus - sebuah bentuk partisip dari kata desidero. Seperti yang akan ditunjukan oleh etimologi, desidero adalah kata yang turunannya adalah kata desire dalam bahasa Inggris. Ada banyak kata kerja dalam bahsa Latin yang dapat digunakan untuk mengungkapkan konsep bagaimana seseorang bermaksud, menghendaki atau menginginkan sesuatu. Sirisius kenyataannya menggunakan sejumlah kata itu di samping desidero (yaitu, poposcerint, expetitae). Namun desidero merupakan kata yang paling persis bertepatan dengan kata kerja desire dalam bahasa Inggris. Jika kita memahami “pembaptisan keinginan” sebagai “pembaptisan menginginkan” - baptism of desiring, orang bisa melihat hubungan yang persis antara rujukan Sri Paus kepada desiderantibus dan konsep “pembaptisan keinginan” - suatu konsep yang secara langsung ditolak oleh dekretnya.
Dalam kata lain, bukan hanya semata-mata suatu kebetulan bahwa dekret Sirisius menggunakan sebuah partisip dari desidero. Allah memastikan agar dekretnya ini menggunakan kata yang secara persis bertepatan dengan istilah bahasa Inggrisnya, yaitu kata kerja desire, sehingga gagasan “pembaptisan keinginan” - “baptism of desire” akan ditolak secara langsung oleh dekret Kepausan penyintas tertua. (Pada poin ini, silakan melihat bagian di bawah tentang pentingnya dekret ini untuk hari-hari terakhir).
DEKRET SIRISIUS TENTUNYA MEMBUKTIKAN BAHWA GEREJA PERDANA MENOLAK “PEMBAPTISAN KEINGINAN”
Sirisius adalah seorang Bapa Gereja. Ia seorang santo. Dan yang paling penting untuk perkara yang satu ini, ia seorang Paus. Ia memegang otoritas Santo Petrus dan para penerusnya yang sah. Dekret Sri Paus ini membuktikan secara pasti bahwa Gereja perdana menolak gagasan pembaptisan keinginan. Meskipun makna dekretnya ini sangat jelas, beberapa pendukung pembaptisan keinginan yang keras kepala begitu tidak jujurnya sehingga mereka benar-benar akan mengklaim bahwa dekret Sri Paus ini tidak bertentangan dengan pembaptisan keinginan. Menakjubkan! Banyak dari mereka bahkan dengan lancang mengklaim bahwa tidak ada Bapa, Santo atau Paus yang menolak gagasan pembaptisan keinginan. Pernyataan mereka itu tentunya sama sekali omong kosong dan sepenuhnya dusta, yang dihancurkan oleh fakta-faktanya. Dekret Sirisius sendiri, serta banyak poin lainnya yang dapat kami kemukakan, membuktikan bahwa Gereja perdana menolak pembaptisan keinginan. Sungguh mencengangkan, ketidakjujuran dan misrepresentasi yang tercela, yang secara berkala diperlihatkan oleh para pendukung pembaptisan keinginan.
SRI PAUS BAHKAN MENYEBUTKAN KECELAKAAN, KEJADIAN TAK TERDUGA, DLL. - KEADAAN-KEADAAN YANG SECARA KHUSUS AKAN DIKLAIM ORANG AMAT PANTAS BERLAKU UNTUK “PEMBAPTISAN KEINGINAN” - DAN SRI PAUS MENOLAK GAGASAN PEMBAPTISAN KEINGINAN DALAM KONTEKS YANG SAMA ITU
Dalam konteks ini, Sri Paus juga berbicara tentang bagaimana orang-orang yang menginginkan pembaptisan air mungkin mengalami bahaya karamnya kapal, serbuan musuh, penyakit - atau apa pun juga. Bisa saja peristiwa yang tiba-tiba dan tak terduga menimpa mereka. Sri Paus merujuk kepada segala jenis keadaan darurat.
Namun, apa yang dikatakannya tentang nasib orang-orang dalam situasi seperti itu, yang menginginkan pembaptisan tetapi mati tanpa menerimanya? Ia mengajarkan bahwa mereka semua akan kehilangan Kerajaan dan kehidupan jika mereka meninggalkan dunia ini tanpa pembaptisan air.
Sri Paus menggunakan kata unusquisque yang berarti masing-masing dari mereka atau tiap-tiap dari mereka – untuk menekankan fakta bahwa tidak ada pengecualian dalam hal ini. Jika anda tidak dapat melihat bahwa pernyataannya ini sepenuhnya menolak pembaptisan keinginan sama sekali, maka anda hanyalah seorang pendusta. Dokumen ini juga merupakan dekret Paus dan Santo dari Gereja perdana, yang di dalamnya ia menggunakan otoritas tertingginya dan memberlakukan dekretnya kepada Gereja universal.
SIRISIUS JUGA MENYATAKAN BAHWA PEMBAPTISAN AIR ADALAH “UNICO CREDULITATIS AUXILIO” (SATU-SATUNYA PERTOLONGAN IMAN): SATU-SATUNYA CARA UNTUK DISELAMATKAN
Dalam paragraf berikutnya, Sri Paus menekankan bahwa pembaptisan air adalah satu-satunya pertolongan bagi mereka, satu-satunya cara untuk diselamatkan - baik bagi mereka yang masih bayi maupun bagi mereka yang menginginkan pembaptisan dan berada dalam bahaya, kecelakaan, dll.
Sri Paus menyebut pembaptisan air sebagai unico credulitatis auxilio - yaitu, satu-satunya pertolongan iman atau kepercayaan.
Maka menurut ajaran Sri Paus, menerima Sakramen Pembaptisan adalah satu-satunya pertolongan iman. Menerima Sakramen Pembaptisan adalah syarat pertama dan satu-satunya cara untuk diselamatkan, melalui iman, seperti yang juga diajarkan oleh Kitab Suci.
Tidak ada yang namanya iman atau kepercayaan – suatu credulitas - yang dapat membawa seseorang kepada keselamatan tanpa pembaptisan air. Pembaptisan air adalah satu-satunya cara seseorang menerima iman sejati yang menyelamatkan. Itulah alasan Gereja juga telah mengajarkan bahwa hanya mereka yang telah menerima Sakramen Pembaptisan yang merupakan bagian dari para umat beriman. Kata unico ... auxilio ada dalam bentuk ablatif. Kata-kata ini adalah bentuk ablatif dengan makna suatu cara, yang berhubungan dengan kata subveniri, yaitu - dilegakan. Sri Paus berkata bahwa mereka yang pada keadaan darurat apa pun mengemis Sakramen Pembaptisan harus dilegakan … unico auxilio: dengan satu-satunya pertolongan … credulitatis: iman. Menerima Sakramen Pembaptisan adalah satu-satunya cara bagi mereka untuk diselamatkan.
SATU-SATUNYA PERTOLONGAN MEMUSTAHILKAN SARANA KESELAMATAN LAINNYA DAN YANG DISEBUT-SEBUT “PEMBAPTISAN LAINNYA”
Kata unico yang merupakan suatu bentuk dari unicus, berarti
Tidak mungkin ada alternatif yang lain. Tidak ada jenis pembaptisan yang lain. Menerima pembaptisan air adalah cara yang unik dan satu-satunya untuk memperoleh keselamatan, bagi bayi-bayi, bagi mereka yang menginginkannya, bagi mereka yang mengalami segala macam kesulitan, penyakit, keadaan darurat dll. Itulah ajaran Paus St. Sirisius. Itulah ajaran Gereja Katolik. Itulah yang kita temukan dalam setiap dekret infalibel dan dogmatis dari Gereja universal tentang perkara ini - meskipun Allah membiarkan kesalahan diajarkan pada perkara ini dalam sumber-sumber falibel dan oleh orang-orang falibel.
Sangat menarik pula bahwa dekret Paus St. Sirisius pada perkara ini diulangi dengan gaya bahasa yang sangat mirip, oleh Paus St. Leo Agung dalam banyak pernyataannya. Anda bisa menemukan kutipan-kutipan itu dalam versi terkini dari buku kami tentang Keselamatan. Hal itu berarti bahwa pernyataan Sirisius yang menentang gagasan pembaptisan keinginan - dan keselamatan apa pun tanpa pembaptisan air - adalah ajaran yang diulang-ulangi oleh para Paus dan Takhta Apostolik mengenai perkara ini.
Otoritas dari dekret Paus Sirisius kenyataannya perlu ditekankan. Dekret ini dikeluarkan kepada Gereja Katolik dengan segenap otoritas Paus Sirisius. Dalam dekret tersebut, Sri Paus berulang kali merujuk kepada jabatan apostoliknya yang tertinggi dan ia menggunakan otoritas jabatan tersebut. Sri Paus menegaskan bahwa apa yang dinyatakannya itu bersifat mengikat. Ia berkata bahwa dekretnya harus dikirim kepada seluruh gereja, semua uskup, serta semua imam, dan harus mereka taati.
Dari sudut pandang hukum gereja, dekret Sri Paus ini adalah dekret tertinggi dan paling otoritatif yang dapat dikeluarkan seorang Paus. Dan, seperti yang telah kita lihat, ada termuat dalam undang-undang dan dekretnya ini, ajaran bahwa semua orang yang menginginkan pembaptisan air, namun meninggal tanpa menerimanya, semua orang itu binasa - dan bahwa menerima mata air pembaptisan yang menyelamatkan adalah satu-satunya cara bagi orang-orang untuk diselamatkan, baik bagi mereka yang masih bayi, atau yang menginginkan pembaptisan, maupun mereka yang sedang berada dalam keadaan darurat apa pun.
Saya rasa bukan suatu kebetulan jika dekret Kepausan yang sama sekali menolak gagasan pembaptisan keinginan dan menegaskan kebenaran tentang keharusan mutlak pembaptisan air untuk keselamatan adalah dekret Kepausan penyintas tertua di zaman kita. Sebab ciri utama dari periode yang kita lalui ini - yaitu, masa Kemurtadan Besar dan hari-hari terakhir - adalah penolakan terhadap perlunya pembaptisan serta penolakan terhadap perlunya penyaturagaan ke dalam Yesus Kristus dan Gereja Katolik untuk keselamatan.
Memang benar suatu fakta di zaman kita ini, bahwa doktrin sesat pembaptisan keinginan merupakan inti dari penolakan tersebut.
Jadi, Allah mengatur agar dekret Paus St. Sirisius yang menolak gagasan pembaptisan keinginan akan menjadi dekret yang menyintas hingga akhir zaman dan menjulang di zaman kita ini sebagai dekret yang terkuno - sehingga pada periode yang bercirikan doktrin sesat pembaptisan keinginan dan penyangkalan terhadap perlunya penyaturagaan ke dalam Gereja, dekret Kepausan yang paling terhormat di sepanjang sejarah dari sudut pandang usianya, akan menjadi sebuah dekret yang secara jelas menolak doktrin sesat pembaptisan keinginan dan menegaskan kebenaran Yesus Kristus bahwa tidak seorang pun dapat diselamatkan tanpa dilahirkan kembali dari air dan Roh di dalam sakramen pembaptisan.
Dalam kata lain, kalau seseorang ingin menemukan ajaran otoritatif dan historis para Paus dan Kepausan, yang menyandang otoritas yang diberikan Yesus Kristus kepada Santo Petrus dan para penerusnya, dan yang membahas perlunya pembaptisan air dan tentang gagasan pembaptisan keinginan - dekret Kepausan penyintas tertua adalah titik permulaan yang tepat. Dan di dalam dokumen itu terdapat penolakan yang jelas terhadap doktrin sesat pembaptisan keinginan.
Omong-omong, patut dicatat bahwa surat Paus Klemens yang terkenal kepada jemaat di Korintus, tentu saja lebih awal dari dekret St. Sirisius. Tertanggal dari abad pertama dan sekitar tahun 95, surat Paus Klemens ini merupakan contoh yang baik tentang Keutamaan dan otoritas Kepausan dalam Gereja kuno, seperti yang juga termuat dalam dokumen-dokumen lainnya. Dalam surat kepada jemaat di Korintus, Gereja Roma yang dipimpin oleh Klemens menggunakan otoritasnya untuk memerintah jemaat di Korintus dengan berbagai cara. Itulah contoh otoritas Gereja Roma atas gereja-gereja lain pada periode terawal dalam sejarah Gereja.
Namun, surat ini bukanlah sebuah dekret Kepausan tentang poin-poin hukum Gereja dalam makna yang sempit, yang kemudian diterapkan pada jenis-jenis dokumen Kepausan tertentu.
Dari antara surat-surat dekret Kepausan tersebut, dekret Paus Sirisius adalah dekret Kepausan tertua yang tetap terjaga utuh.
Yesus Kristus adalah Alfa dan Omega. Yang Awal dan Yang Akhir. Iman yang diwahyukan-Nya tidak berubah. Dia berjanji akan menyertai Gereja-Nya sampai akhir zaman. Menjelang hari terakhir, ketika Gereja menghadapi banyak orang yang telah meninggalkan dogma Katolik tentang perlunya Gereja untuk keselamatan - biasanya dengan dalih “pembaptisan keinginan” - kita bisa membuka lembar halaman sejarah yang terawal, pada teks dekret Kepausan terawal yang kita punyai, dan di dalamnya secara khusus ada bantahan terhadap doktrin sesat pembaptisan keinginan.
DEKRET SIRISIUS MEMBUKTIKAN BAHWA MAGISTERIUM BIASA DAN UNIVERSAL JUGA MENENTANG “PEMBAPTISAN KEINGINAN”, SERTA MEMBUKTKAN POSISI KAMI
Dan juga, dekret St. Sirisius membuktikan sebuah poin penting mengenai ajaran Magisterium Biasa dan Universal. Magisterium Luar Biasa yang dilaksanakan, misalnya, dalam dekret-dekret dogmatis konsili-konsili universal, telah menyatakan bahwa tidak seorang pun dapat diselamatkan tanpa menerima Sakramen Pembaptisan. Dan karena Magisterium Biasa dan Universal bersifat infalibel, tentunya Magisterium itu tidak dapat menentang Magisterium Luar Biasa.
Dekret Paus St. Sirisius membuktikan bahwa Magisterium Biasa dan Universal menolak pembaptisan keinginan dan menegaskan kebenaran bahwa tidak seorang pun dapat diselamatkan tanpa sakramen pembaptisan. Sebabnya adalah dekretnya ini, yang menolak pembaptisan keinginan, atas dasar perintah Paus Sirisius, harus diajarkan kepada semua uskup dalam Gereja, dan harus mereka ulangi. Maka dengan mengikuti dekret St. Sirisius ini, seluruh Gereja akan mengajarkan apa yang diajarkan Sri Paus: yaitu menerima mata air pembaptisan yang menyelamatkan adalah satu-satunya cara untuk diselamatkan, bahkan bagi mereka yang menginginkannya.
Untuk tahu lebih lanjut tentang ajaran Gereja mengenai dogma Di Luar Gereja Katolik Tidak Terdapat Keselamatan dan perkara pembaptisan, mohon membaca buku kami tentang Keselamatan, menyimak video Argumen Terbaik untuk Melawan “Pembaptisan Keinginan” serta materi lainnya di situs internet kami.
Bunda maria yang penuh kasih... doakanlah kami yang berdosa ini ....
Thomas N. 1 bulanBaca lebih lanjut...Halo – meski Bunda Teresa dulu mungkin tampak merawat orang secara lahiriah, namun secara rohaniah, ia meracuni mereka: yakni, dengan mengafirmasi mereka bahwa mereka baik-baik saja menganut agama-agama sesat mereka...
Biara Keluarga Terkudus 2 bulanBaca lebih lanjut...Tentu saja kami ini Katolik. Perlu anda sadari bahwa iman Katolik tradisional itu perlu untuk keselamatan, dan bahwa orang yang meninggal sebagai non-Katolik (Muslim, Protestan, Hindu, Buddhis, dll.) TIDAK masuk...
Biara Keluarga Terkudus 2 bulanBaca lebih lanjut...Terpuji lah Tuhan allah pencipta langit dan bumi
Agung bp 2 bulanBaca lebih lanjut...apakah anda katolik benaran?
lidi 2 bulanBaca lebih lanjut...Saat bunda teresa dengan sepenuh hati merawat dan menemani mereka dalam sakratul maut saya percaya kalau tindakan beliau secara tidak langsung mewartakan injil dan selebihnya roh kudus yang berkenan untuk...
bes 3 bulanBaca lebih lanjut...Ramai dibahas oleh kaum protestan soal soal Paus Liberius. Trimakasuh untuk informasinya
Nong Sittu 3 bulanBaca lebih lanjut...Halo kami senang anda kelihatannya semakin mendalami materi kami. Sebelum mendalami perkara sedevakantisme, orang perlu percaya dogma bahwa Magisterium (kuasa pengajaran Paus sejati) tidak bisa membuat kesalahan, dan juga tidak...
Biara Keluarga Terkudus 5 bulanBaca lebih lanjut...Materi yang menarik. Sebelumnya saya sudah baca materi ini, namun tidak secara lengkap dan hikmat. Pada saat ini saya sendiri sedang memperdalami iman Katolik secara penuh dan benar. Yang saya...
The Prayer 5 bulanBaca lebih lanjut...Santa Teresa, doakanlah kami
Kristina 6 bulanBaca lebih lanjut...